Windows Phone Developer Tools dan Windows Phone Live untuk Windows Phone 7

Posted by Tommy Wahyu Utomo on 01.02

Microsoft saat ini sedang bekerja keras untuk Windows Phone 7, dalam persiapan untuk peluncuran platform baru yang harus dilakukan menjelang akhir tahun ini.

Hingga saat ini, pengembang yang tertarik membuat aplikasi dan game untuk Windows Phone 7 harus tahu bahwa Windows Phone Developer Tools beta baru saja diluncurkan. Microsoft mengatakan ini adalah "versi beta terakhir sebelum hadirnya Tool untuk versi final".

Windows Phone Developer Tools beta berisi antara lain:
- Windows Phone 7 API (merupakan versi yang dekat dengan penyelesaian)
- Developer Registration Utility (untuk unlock perangkat Windows Phone 7 bagi keperluan pembangunan aplikasi)
- Microsoft Expression Blend untuk Windows Phone
- XAP Deployment Tool
- Template Kontrol
- Kontrol Tambahan

Kita bisa mengunduh Windows Phone Developer Tools beta disini.


Beberapa handset preview dari Windows Phone 7 saat ini sudah di tangan pengembang, dan akan lebih banyak lagi yang disebarkan (Microsoft mengatakan mereka akan mengirimkan mulai tanggal 19 Juli).

Tak lama setelah peluncuran Windows Phone Developer Tools beta, Microsoft telah menegaskan kembali bahwa Windows Phone 7 akan keluar pada musim liburan ini. Saat mengumumkan hal itu, juga disajikan fitur penting dari OS baru ini: Windows Phone Live.

Windows Phone Live sebenarnya merupakan "companion site" dan layanan ini akan memungkinkan pengguna Windows Phone 7 untuk melihat Windows Live kalender dan kontak, file exchange OneNote, melihat gambar yang telah diterbitkan, dan info akses lainnya yang disharing antara smartphone mereka dan Web.

Windows Phone Live akan menawarkan ruang penyimpanan 25GB untuk semua pemilik perangkat Windows Phone 7, hosting Find My Phone, layanan yang memungkinkan pengguna untuk "menemukan dan mengatur ponsel yang hilang dengan kapabilitas peta, ring, lock dan menghapus data secara langsung dari PC kita dengan gratis".



Microsoft menyebutkan bahwa Windows Phone 7 akan hadir di semua negara pada akhir 2010. Saat peluncurannya, platform baru ini akan mendukung lima bahasa, yakni Inggris, Spanyol, Jerman, Prancis dan Italia. Sementara untuk Windows Phone Marketplace akan tersedia di 17 negara: Austria, Australia, Belgia, Kanada, Perancis, Jerman, Hong Kong, India, Italia, Irlandia, Meksiko, Selandia Baru, Spanyol, Swiss, Singapura, Amerika Serikat dan Inggris.